STIE Perbanas Surabaya

Menu

Pelatihan Analisa Kredit Untuk AO

Analisa Kredit untuk AO

Pendahuluan

Di dalam kondisi bisnis yang tidak menentu seperti saat ini, penyaluran  kredit dari lembaga perbankan harus benar-benar di pertimbangkan dengan matang agar dapat menghasilkan return yang di harapkan. Harapannya adalah kredit yang kita biayai dapat tumbuh dan berkembang secara lancar yang pada akhirnya akan memberikan profitabilitas seperti yang kita harapkan. 
Salah satu faktor yang menentukan kelancaran bisnis bank adalah keberhasilannya mengelola kredit yang di salurkan. Dalam upaya agar kredit yang di salurkan adalah kredit yang layak, maka bank akan melakukan upaya atau serangkaian proses. Salah satu proses yang di lakukan yaitu melakukan seleksi dari seluruh pengajuan kredit yang di terima. Untuk itu perlu adanya kemampuan bagi seorang Account Officer untuk menguasai tekinik-teknik  Analisa Kredit agar dapat memberikan rekomendasi yang tepat. Mengingat kredit adalah bisnis yang berisiko, di mana ada kemungkinan kredit yang di berikan tidak dapat tertagih (macet) padahal di sisi yang lain Bank tetap harus membayar dana masyarakat.

Mungkin inilah tantangan terberat bagi Account Officer karena fungsi Bank adalah  sebagai financial intermediary di mana ia melakukan bisnis dengan menggunakan dana orang lain (other people’s money). Posisi kredit di dalam Neraca masih menunjukkan bahwa sumber pembiayaan utama untuk kredit diperoleh dari Dana Pihak Ketiga yang berasal dari tabungan, deposito dan lain-lain.

Pada pelatihan Analisis Kredit Untuk Account Officer” akan menjadi menarik dan penting karena mengkaji serangkaian analisis penyaringan diharapkan melalui proses penyaringan tersebut maka kredit yang di berikan adalah kredit dengan kualitas baik. Proses-proses ini antara lain : bagaimana dengan proposal kreditnya, bagaimana seorang Account Officer melakukan analisa kredit, bagaimana dengan dokumentasinya ? Apakah pencairan dananya sudah sesuai ? Selain itu perlu juga ada upaya-upaya melakukan pemantauan terhadap kredit yang di berikan serta mengetahui gejala-gejala kredit macet, sehingga ada penanganan sedini mungkin.

Akhirnya, pelatihan Analisis Kredit Untuk Account Officer yang kami persiapkan ini sangat kami rekomendasikan untuk di ikuti, karena tidak hanya memberi gambaran tentang teknik penyaluran dana tetapi sekaligus mempelajari strategi pemantauan atas kredit yang di berikan. Ini adalah pekerjaan yang akan terus berlangsung selama kredit tersebut belum di lunasi. Dalam pemantauan ini bank harus benar-benar mengkuti perkembangan bisnis nasabah dan berbagai aspek yang mungkin mempengaruhi kualitas dari kredit tersebut.

Maksud dan Tujuan

  1. Membekali para Account Officer dengan perlaku yang etis sesuai dengan tuntutan kode Etik Bankir Indonesia.
  2. Mempersiapkan para Account Officer agar mampu melihat prospek pasar yang potensial untuk di berikan pembiayaan berupa kredit.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai macam-macam produk bank yang bisa di tawarkan kepada nasabah, sehingga tidak hanya menawarkan produk kredit, tetapi ada peluang untuk cross selling.
  4. Memberikan kesadaran (awareness) dan pemahaman akan arti penting nya memahami laporan keuangan nasabah serta memahami rasio-rasio keuangan yang bisa di pakai sebagai dasar untuk mengambil keputusan kredit.
  5. Mengetahui secara jelas tentang aktifitas nasabah sehingga sehingga bisa merekomendasikan tentang kelayakan bisnis nasabah.
  6. Memberikan pemahaman tentang arti pentingnya dokumen-dokumen legal
  7. Memberikan solusi tentang upaya-upaya mengambil keputusan secara cepat dan tepat dengan mempertimbangkan risiko-risiko yang akan di hadapi apabila terjadi masalah berkaitan dengan kucuran kredit yang sudah di berikan.
  8. Mampu membuat laporan atau proposal kredit yang tepat dan smart.
 
 

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: humas@perbanas.ac.id
Anda disini: Beranda