STIE Perbanas Surabaya

Menu

Bancassurance Bank Asuransi

Bancassurance Bank Asuransi

Pendahuluan

Bancassurance adalah bentuk layanan bank dalam menyediakan produk asuransi yang memberikan perlindungan dan produk investasi untuk memenuhi kebutuhan finansial jangka panjang kepada nasabah.

Mengapa muncul Bancassurance ? Setiap produk pasti memiliki daur hidup, termasuk produk perbankan. Perbankan dituntut mampu mengembangkan produk sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan nasabah. Untuk itu, diperlukan jalinan kerjasama dalam bentuk aliansi strategis dengan perusahaan lain. Saat ini di Indonesia juga mulai dikembangkan jalinan pemasaran bersama antara perusahaan perbankan dan perusahaan asuransi yang kemudian dikenal dengan istilah bancassurance.

Kapan muncul Bancassurance ? Bermula di Perancis pada awal tahun 1990an, bancassurance terbentuk atas kerjasama (aliansi pemasaran) antara bank dengan asuransi. Karena Bancassurance tergolong barang baru, banyak orang salah mengartikannya, tidak hanya praktek menjual produk asuransi melalui bank tetapi dapat juga terjadi sebaliknya. Pihak asuransi juga dapat menjual produk bank. Bagi bank maupun asuransi, kerjasama dalam pemasaran ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja mereka sekaligus meningkatkan nilai tambhah bagi nasabahnya.

Produk asuransi yang dikembangkan dan disistribusikan melalui jaringan bank juga dilindungi oleh hukum, sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Bank Indonesia no. 12/35/DPNP dan UU no. 8 Tahun 1999.

Sebagai produk baru tentu saja kehadiran bancassurance masih banyak menimbulkan kerancuan dikalangan masyarakat khususnya dikalangan perbankan sendiri. Untuk itu Kami menawarkan  serangkaian pemahaman yang dikemas dalam bentuk pelatihan dengan maksud untuk menguatkan bahwa posisi bankcassurance adalah suatu produk hasil kerjasama antara bank dan asuransi yang memiliki beberapa keuntungan yang dapat dipetik baik oleh bank maupun asuransi.  Salah satu manfaat bagi bank adalah untuk memperkuat produk dan meningkatkan pangsa pasar serta meningkatkan loyalitas nasabah.  Bukankah kondisi seperti ini yang diharapkan oleh  Bank Bapak / Ibu dalam jangka panjang ??

Tujuan Pelatihan

  1. Mematuhi latar belakang dan sejarah  bancassurance
  2. Memahami keuntungan bancassurance
  3. Memahami rsiko bancassurance
  4. Peraturan Bank Indonesia sebagaimana yang tertuang  pada: SEBI  No 12/35/DPNP dan UU no. 8 Tahun 1999
  5. Memahami Produk bancassurance
  6. Memberikan gambaran tentang operasional bancassurance
  7. Memberikan gambaran tentang aspek hukum dan etika penjualan
  8. Saran-saran dalam membangun bancassurance
 
 

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: humas@perbanas.ac.id
Anda disini: Beranda