STIE Perbanas Surabaya

Menu

Laporan Akademik Perkembangan STIE Perbanas Surabaya (Wisuda I Mei 2016)

  • Kopertis Wilayah VII atau yang mewakili.
  • Dewan Pembina, Pengawas, Ketua dan pengurus  Yayasan Pendidikan Perbanas Jawa Timur
  • Yth. Pengurus BPH Yayasan Pendidikan Perbanas Jawa Timur
  • Ketua dan anggota Senat STIE Perbanas Surabaya
  • Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Bank, PT lain, Perusahaan, Sekolah Menengah Atas yang menjadi mitra STIE Perbanas,
  • Yth. Ketua Ikatan Alumni Perbanas (IKAPNAS)
  • Para orang tua yang berbahagia,
  • Para Wisudawan /wati STIE Perbanas Surabaya yang saya banggakan,
  • serta hadirin sekalian yang saya hormati

Assalamu ’alaikum Wr.Wb.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas karunia dan kemudahanNya, hari ini STIE Perbanas Surabaya dapat menyelenggarakan Rapat Terbuka Senat dengan acara tunggal Wisuda Lulusan Program Pascasarjana, Sarjana dan Diploma 3 Periode Mei 2016.

Bapak/Ibu dan hadirin yang saya hormati,

Pertama, atas nama STIE Perbanas Surabaya perkenankan juga kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak/Ibu dan hadirin sekalian atas kehadirannya untuk mengikuti dan menyaksikan acara ini. Selain itu ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kami sampaikan kepada Panitia Wisuda yang telah mempersiapkan dan mengorganisir acara ini dengan baik.

Kepada segenap wisudawan, kami mengucapkan selamat kepada wisudawan STIE Perbanas Surabaya pada jenjang Pascasarjana, Sarjana, dan Diploma yang diwisuda pada kali ini. Keberhasilan Saudara dalam menyelesaikan studi merupakan salah satu tahapan (milestone) kehidupan dan karir Saudara. Kelulusan ini menjadikan Saudara sebagai bagian dari insan terdidik yang siap mendarmabaktikan ilmu pengetahuan dan keterampilan di masyarakat yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa kita. Saudara bukan lagi sebagai mahasiswa, namun telah menjadi calon pemimpin masa depan yang hidup dalam dunia nyata. Ketika saudara memasuki dunia nyata, saudara perlu melakukan penyesuaian-penyesuaian dengan lingkungan dan tantangan yang baru. Keberhasilan Saudara ditentukan oleh kemampuan saudara dalam menyesuaikan diri dan menjawab tantangan.

Bapak/Ibu dan hadirin sekalian,

Pada Wisuda Periode Mei Tahun 2016 ini  terdapat 526 mahasiswa yang diwisuda, terdiri dari 12 dari PS Magister Manajemen, 234 dariPS Sarjana Akuntansi, 166 dari PS Sarjana Manajemen, 56 dari Program Diploma 3 Manajemen Keuangan & Perbankan, dan 58 dari Program Diploma 3 Akuntansi. Rata-rata IPK lulusan Pascasarjana 3.71, Sarjana Manajemen 3.37, Sarjana Akuntansi 3.29, D3Keuangan & Perbankan 3.43,  dan D3 Akuntansi  3.49.  181 orang memperoleh predikat Cum Laude.

Dalam upaya meningkatkan daya saing lulusan, perbaikan secara berkesinambungan (continuous improvement) dilakukan mulai dari pembinaan mahasiswa baru, proses belajar mengajar, hingga penyiapan  mahasiswa sebelum lulus dan mengikuti wisuda.  Mahasiswa baru dibina softskill-nya agar mampu  beradaptasi dengan lingkungan kampus dan masyarakat sekitar melalui Program Harmoni. Seluruh mahasiswa baru dibimbing  oleh mahasiswa senior (mentor)  melalui program super sofskill mentoring (SSM).Sebagai puncak karya prestasi selama SSM, mahasiswa baru mampu mencetak rekor Muri selama 6 kali berturut-turut. Pembinaan soft skill dibangun melalui Sistem Kredit Pengembangan Softskill Mahasiswa. Untuk mendapatkan calon mahasiswa terbaik setiap tahun direkrut dengan seleksi yang sangat kompetitif siswa berprestasi dari seluruh Indonesia khususnya Indonesia Timur melalui Perbanas Full Schoolarship (Beasiswa Penuh). Pada tahun 2015/2016 terdapat 5 mahasiswa baru yang mendapatkan bantuan Beasiswa Penuh dan 10 mahasiswa telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa penuh tahun 2016/2017. Beasiswa Pendidikan juga diberikan oleh Pemerintah melalui Program Bidik Misi yaitu sebanyak 11 orang tahun 2015 sebanyak 20 orang untuk tahun 2016

Upaya peningkatan kualitas lulusan juga dilakukan dengan meningkatkan link and match kompetensi lulusan dengan kebutuah dunia industri. Pada September 2014, STIE Perbanas Surabaya telah melakukan kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Perbankan (LSPP) untuk melakukan sertifikasi lulusan Program Studi Manajemen di bidang General Banking dan Manajemen Risiko Perbankan. Sertifikasi terhadap lulusan juga dilakukan bagi lulusan Program Studi Akuntansi dalam bentuk Ujian Sertifikasi Kompetensi Akuntansi Dasar Melalui program sertifikasi profesi seperti ini, lulusan STIE Perbanas Surabaya tidak hanya memperoleh tanda kelulusan dalam bentuk Ijazah, namun juga pengakuan kompetensi profesi dari lembaga sertifikasi independen sesuai bidangnya

Bapak/Ibu dan hadirin sekalian,

Sebagai perguruan tinggi yang dibangun belandaskan kualitas, STIE Perbanas Surabaya selalu berupaya melakukan perbaikan berkelanjutan dalam setiap kegiatannya. Perolehan sertifikat ISO 9001:2008, IWA 2 merupakan salah satu bentuk benchmark dalam peningkatan kualitas, di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan tata kelola perguruan tinggi. Berbagai prestasi yang telah diraih oleh STIE Perbanas Surabaya selama tahun 2015 antara lain:

  1. Akrditasi “B” untuk PS Magister Manajemen
  2. Akreditasi “A” untuk PS Sarjana Akuntansi, PS, Sarjana Manajemen, PS Diploma Akuntansi dan Diploma Keuangan dan Perbankan
  3. Akreditasi “A” untuk Perpustakaan
  4. Anugrah Kampus Unggul (AKU) Perguruan Tinggi Non Universitas dari Kopertis Wilayah VII untuk keempat kalinya
  5. Juara II Ketua Program Studi Berpretasi 2015 Kopertis Wilayah VII a.n. Dr. Muazaroh
  6. Juara III Laboran Berpretasi 2015 Kopertis Wilayah VII a.n. Yusuf Effendi
  7. Koordinator PMW 2015 Kopertis Wilayah VII

Bapak/Ibu dan hadirin sekalian,

STIE Perbanas Surabaya juga telah berhasil membangun fondasi yang kuat dalam bidang penelitian. Pengakuan terhadap kualitas penelitian ini dapat dilihat dari berbagai aspek. Pada 2015 bidang penelitian STIE Perbanas telah memperoleh peningkatan status dari binaan menjadi Madya. Pengakuan atas kualitas STIE Perbanas Surabaya juga dapat dilihat dari keberhasilan pada dosen memperoleh penghargaan dan pengakuan nasional dan intenasional. Keberhasilan ini antara lain dalam bentuk perolehan

  1. Hibah Penelitian dari Ristek Dikti sebanyak 15 judul
  2. Hibah Pengabdian kepada Masyarakat dari Ristek Dikti sebanyak 6 judul
  3. Hibah Insentif Jurnal yang memenuhi Standar Mutu Tata Kelola Nasional Tahun 2015
  4. Hibah Bantuan Pengelolaan/Tata Kelola Jurnal Elektronik 2015
  5. Penelitian kerjasama dengan Bank Indonesia sebanyak 3 Penelitian

Sejak tahun 2012 STIE Perbanas memiliki pusat kajian di bidang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pengkajian dan Pencegahan Kejahatan Kerah Putih di kalangan profesional. CSR center bersama-sama dengan PT di Indonesia dan Malaysia telah membentuk Malindo CSR Forum and Youth Network serta online CSR Journal dengan nama AsianCSR.com. Sedangkan Center of Research & Prevention of White Collar Crime telah mengembangkan program edukasi anti-fraud, mengikuti sertifikasi International Certifiled for Fraud Examiner, dan memberikan pelatihan kepada para inpspektorat jenderal pemerintah kota di Jawa Timur.  Pada tahun 2015 ini akan dikembangkan dua pusat kajian utama yang manjadi payung kegiatan pelatihan dan pengabdian kepada msyarakat, yaitu Pusat Pengembangan Akuntansi dan Pusat Pengembangan Bisnis dan Perbankan.

Di bidang pengabdian kepada masyarakat STIE Perbanas Surabaya telah melakukan kolaborasi dengan berbagai industri, khususnya dalam penyediaan pelatihan bagi pegawai bank. STIE Perbanas Surabaya, melalui CABM, telah memberikan berbagai pelatihan persiapan sertifikasi Manajemen Risiko Perbankan untuk bank nasional maupun bank asing, yang bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSPP) dan Badan Sertifikasi Manajemen Risiko (BSMR). Selain Manajemen Risiko CABMSTIE Perbanas juga menyelenggarakan berbagai pelatihan yang lain diantaranya: service excellence, coaching development, Asset Liability Management, dan Account Officer yang diikuti oleh berbagai Bank Asing, Bank Swasta Nasional, dan Bank Daerah. Selain itu, terdapat beberapa dosen telah ditunjuk sebagai tenaga ahli di berbagai bank, antara lain Bank Maspion, Bank CNB, Bank Antar Daerah, dan Bank Prima Master.

Kegiatan Pengabdian dan Kepada masyarakat dosen STIE Perbanas juga mendapatkan pendanaan dari DIKTI pada tahun 2015, yaitu Ipteks bagi masyarakat sebanyak 4 (empat) judul, Ipteks bagi inovasi kreativitas kampus sebanyak 1 (satu judul) dan Ipteks bagi wilayah sebanyak 1 (satu) judul.

Bapak/Ibu dan hadirin sekalian,

Dalam rangka mewujudkan visi global dan meningkatkan daya saing lulusan, STIE Perbanas juga mengembangkan kerjasama internasional. STIE Perbanas telah bekerjasama dengan Lembaga Internasional, antara lain dengan Association of South East Asian Higher Learning (ASAIHL), Philippine Association of Institutionfor Research (PAIR), Chandrakasem Rajabhat University, Sri Pathum University Thailand, Hoa Sen University dan Vietnamese German University dari Vietnam, Business Indonesia Singapore Association (BISA), menjadi anggota The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB), serta kerjasama dengan Transfair Foundation Netherlands untuk mendukung peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan. Kerjasama internasional ini juga dimanfaatkan untuk membekali mahasiswa agar berwawasan global,yaitu dalam bentuk program magang(internship program) bekerjasama dengan Universiti Sain Malaysia, Auditing Student Program bekerjasama dengan Edith Cowan University, Perth– Australia, serta Program Summer School gratis di Utrecht University Belanda yang terwujud atas kerjasama dengan Transfair Foundation Netherlands.

Berbagai torehan prestasi nasional dan internasional juga telah diraih oleh para mahasiswa. Keberhasilan ini antara lain:

  1. Juara II SMARTARDA CUP II 2015 Kyoruki Senior Putra U-58 KG 24-25 Januari 2015
  2. The Best Performance Festival Music Campus Adhi Persada Properti Expo (Atrium Linear Ciputra World, Surabaya
  3. Juara II LKTI Competition 2015 21 Agustus 2015 yang diselenggarakan di PETRA Surabaya
    1. Juara 1  Gramuda Sabudarta Indonesia (Generasi Muda Sadar Budaya dan Pariwisata Indonesia  tingkat Nasional th 2015
    2. Perwakilan 3 Duta Batik jawa Timur yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengrajin batik Jawa Timur th 2015
    3. Juara 3 Taekwondo Championship 2015 yang diselenggarakan oleh UKM Taekwondo Universitas Gadjah Mada
    4. Juara 2 Taekwondo se-Indonesia tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga
    5. Pemeroleh Hibah Program Kretaivitas Mahasiswa (PKM) :

-       Pendanaan Dikti tahun 2015 Bidang Penelitian sebanyak 93 tim dan Bidang Kewirausahaan 1 tim

-       Pendanaan Dikti tahun 2016 Bidang Penelitian sebanyak 8 tim

  1. Penerima Insentif Dikti Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM-AI) tahun 2016 sebanyak 2 tim
  2. Finalis Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 28 tahun 2015  sebanyak 2 tim
  3. Pemenang Hibah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah VII sebanyak 3 tim
  4. Juara 3 Lomba Akuntansi tingkat Propinsi Jatim tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Universitas Jember
  5. Juara 2 Kategori Pemuda Umum Lomba Karya Tulis bagi Organisasi Pemuda Propinsi Jawa Timur a.n Ryan Tri Widianto
  6. Juara III - Lomba Akuntansi November 2015 di Universitas Jember
  7. Juara II dalam Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Nasional I (KIMNAS I) 12 Desember 2015 di Univ. Negeri Surabaya
  8. Masuk 10 Besar dalam Business Competition22 - 24 Maret 2016 di Univ. Tarumanegara Jakarta
  9. Juara V (Harapan II) - Lomba Akuntansi April 2016 di Universitas Parahyangan
  10. Juara VI (Harapan III) - Lomba Akuntansi April 2016 di Universitas Parahyangan
  11. Juara I Senior Putra-Under 68kg, Juara II Senior Putri-Under 73kg, Juara III Senior Putri-Under 49kg, Juara III Senior Putri-Under 79kg,  Kejuaraan Mahameru Open Turnamen antar dojang se-Jawa Bali tahun 2016.
  12. Pemeroleh Hibah Program Kretaivitas Mahasiswa (PKM) Pendanaan Dikti tahun 2016 Bidang Penelitian sebanyak 8 tim

Bapak/Ibu dan hadirin sekalian,

Dalam upaya peningkatan kualitas lulusan, mahasiswa diwajibkan mengikuti pelatihan Job Preparation Course, mempunyai sertifikasi Microsoft dan skor TOEFL. Perbanas Career Centre (PCC) juga mengadakan kegiatan Campus Hiring guna mendampingi para wisudawan dalam memperoleh pekerjaan, mulai dari satu semester sebelum lulus sampai dengan 6 (enam) bulan setelah lulus.

Kerjasama dengan Perbanas HRD Club yang beranggotakan para Manajer SDM di Bank-Bank Anggota Perbanas Jawa Timur yang telah terjalin dengan baik terus ditingkatkan guna meningkatkan keterserapan lulusan di Bank-bank anggota Perbanas Jawa Timur dengan mengadakan kegiatan bursa kerja khusus bidang perbankan yang bertajuk Perbanas Banking Job Fair. Untuk tahun 2015 – 2016 Perbanas Banking Job Fair telah diadakan 2 kali , untuk periode akhir tahun 2015 diikuti oleh 26 Bank dan untuk peride awal tahun 2016 diikuti oleh 17 Bank anggota Perbanas Jawa Timur dan 24 Perusahaan Swasta. Diharapkan dengan segala upaya yang dilakukan oleh PCC ini seluruh lulusan akan dapat segera terserap di dunia kerja.

Bapak/Ibu dan hadirin sekalian,

Sebagai penutup, perkenankan saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan bagi perkembangan STIE Perbanas Surabaya. Saya mengucapkan terima kasih kepada orang tua, orang tua asuh, dan keluarga wisudawan, yang telah mempercayakan pendidikan putra dan putrinya di STIE Perbanas Surabaya. Kami ikut bersyukur dan berbahagia atas keberhasilan putra dan putri Bapak/Ibu/Saudara. Semoga bekal ilmu pengetahuan, keterampilan, dan pendidikan pekerti yang kami berikan sesuai dengan yang diharapkan dan menjadikan mereka lulusan yang sujana. Saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh dosen dan staf non akademik STIE Perbanas Surabaya atas berbagai upaya yang tak mengenal lelah dan pamrih untuk memberikan bekal pendidikan terbaik kepada segenap mahasiswa. Tanpa dukungan dan kerjasama Bapak/Ibu maka STIE Perbanas tidak akan mampu menghasilkan lulusan seperti yang diharapkan. Ucapan terima kasih yang tiada berhingga kepada Koordinator Kopertis Wilayah VII yang selalu memberikan dorongan dan pendampingan bagi perkembangan STIE Perbanas Surabaya selama ini. Saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pembina, Pengawas, dan Pengurus, dan BPH Yayasan Pendidikan Perbanas Jawa Timur yang selalu memberikan dukungan kepada STIE Perbanas Surabaya.  Kepada Pengurus Ikatan Alumni Perbanas, saya ucapkan terima kasih segala upaya yang telah dilakukan bagi kemajuan STIE Perbanas Surabaya.

Kepada para wisudawan/wisudawati yang berbahagia sekali lagi saya ucapkan Selamat Jalan, selamat mengabdikan diri dalam kehidupan bermasyarakat. Semoga kehadiran Saudara di tengah masyarakat bisa memberikan kebahagiaan bagi siapapun yang Saudara jumpai dan memberikan kebaikan dimanapun Saudara berkarya.

Semoga STIE Perbanas Surabaya lebih maju, berkembang dan semakin memberikan konstribusi nyata bagi bangsa tercinta.

Wassalamu’alaikum. Wr.Wb.

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: humas@perbanas.ac.id
Anda disini: Beranda