STIE Perbanas Surabaya

Menu

Laporan Akademik Perkembangan STIE Perbanas Surabaya (Wisuda 1) Tahun 2013-2014

LAPORAN AKADEMIK PERKEMBANGAN STIE PERBANAS SURABAYA 2013-2014
 
 
Yth. Dewan Pembina, Pengawas, Ketua dan pengurus  Yayasan Pendidikan Perbanas Jawa Timur
Yth. Pengurus BPH Yayasan Pendidikan Perbanas Jawa Timur
Yth. Koordinator Kopertis Wilayah VII atau yang mewakili.
Yth. Ketua dan anggota Senat STIE Perbanas Surabaya
Yth. Para undangan dari  Bank, PT lain, Perusahaan, Sekolah Menengah Atas yang menjadi mitra STIE Perbanas,
Yth. Ketua Ikatan Alumni Perbanas, Dr. Abdul Gofar
Yang saya banggakan alumnus STIE Perbanas  yang akan memberikan sharing Didik Harry Setiawan, MM., MBA (Senior Channel Account Manager Blackberry Indoensia)
Para orang tua yang berbahagia,
Para Wisudawan /wati STIE Perbanas Surabaya yang saya cintai,
serta hadirin sekalian yang saya hormati
 
Assalamu ’alaikum Wr.Wb.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas karunia dan kemudahanNya, hari ini STIE Perbanas Surabaya dapat menyelenggarakan Rapat Terbuka Senat dengan acara tunggal Wisuda Lulusan Program Pascasarjana, Sarjana 1 dan Ahli Madya Periode I Tahun 2014.
 
Bapak/Ibu dan hadirin yang saya hormati,
Perkenankan kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak/Ibu dan hadirin sekalian atas kehadirannya untuk mengikuti dan menyaksikan acara ini. Selain itu ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kami sampaikan kepada Panitia Wisuda yang telah mempersiapkan dan mengorganisir acara ini dengan baik.
 
Bapak/Ibu dan hadirin sekalian,
STIE Perbanas Surabaya mempunyai visi yaitu menjadi perguruan tinggi terkemuka yang memiliki keunggulan kompetitif di bidang bisnis dan perbankan yang berwawasan Global, Untuk itu  maka STIE Perbanas  senantiasa berupaya melaksanakan program-program kegiatan  secara terencana, sistematis, dan berkesinambungan  baik di bidang akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat serta kemahasiwaan, maupun pengembangan sumber daya insani dan peningkatan infrastruktur serta kapabilitas organisasi. Kesemuanya dimaksudkan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas yang dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi. Tahun 2013 s/d 2017 arahan program difokuskan pada penyiapan STIE perbanas dalam menghadapi Asean Community.
 
Pada Wisuda Periode I Tahun 2014 ini  terdapat 398 mahasiswa yang lulus dan yang diwisuda, terdiri dari 3 dari Program Pascasarjana, 181dari PS Sarjana Akuntansi, 126 dari PS Sarjana Manajemen,dan 47 dari Program Diploma III Manajemen Keuangan, 41 dari Program Diploma III Akuntansi. Rata-rata IPK lulusan Pascasarjana 3,65, S1 Manajemen 3,31, S1 Akuntansi 3,39, DIII MK & Perbankan 3,36,  dan DIII Akuntansi 3,39. Secara umum persentase jumlah mahasiswa  yang lulus dengan IPK di atas 3,00 sebesar 88,94%. 105 orang memperoleh predikat Cum Laude. Dari seluruh wisudawan sampai dengan pelaksanaan wisuda sebanyak 44% wisudawan sudah bekerja di industry perbankan, investasi, manufaktur, dan KAP. Dengan bertambahnya 398 wisudawan pada hari ini, maka jumlah lulusan STIE Pebanas Surabaya telah berjumlah  sebanyak 7.812 orang
Dalam upaya meningkatkan daya saing lulusan, perbaikan secara berkesinambungan (continuous improvement) dilakukan mulai dari pembinaan mahasiswa baru, proses belajar mengajar, hingga penyiapan  mahasiswa sebelum lulus dan mengikuti wisuda. 
 
Mahasiswa baru dibina softskill-nya agar mampu  beradaptasi dengan lingkungan kampus dan masyarakat sekitar melalui Program Harmoni. Seluruh mahasiswa baru dibimbing  oleh mahasiswa senior (mentor)  melalui program super sofskill mentoring ( SSM).Sebagai puncak karya prestasi selama SSM, mahasiswa baru mampu mencetak rekor Muri selama 6 kali berturut-turut.  Pembinaan soft skill dibangun melalui Sistem Kredit Pengembangan Softskill Mahasiswa. Untuk mendapatkan calon mahasiswa terbaik setiap tahun direkrut dengan seleksi yang sangat kompetitif siswa berprestasi dari seluruh Indonesia khususnya Indonesia Timur melalui Perbanas Full Schoolarship (Beasiswa Penuh).Tahun ini  terdapat 12 mahasiswa baru yang mendapatkan bantuan Beasiswa Penuh sedangkan tahun 2014 sebanyak 16 mahasiswa baru. Beasiswa Pendidikan juga diberikan oleh Pemerintah melalui Program Bidik Misi yaitu sebanyak 7 orang tahun 2013 dan 15 orang pada tahun 2014. Untuk membekali mahasiswa agar berwawasan global, STIE Perbanas Surabaya juga melaksanakan magang(internship program) bekerjasama dengan Universiti Sain Malaysia, serta Auditing Student Program bekerjasam Edith Cowan University.
 
Peningkatan kualitas proses dilakukan dengan peningkatan secara terus menerus dalam proses belajar mengajar. Dalam menghadapi Asean Community 2015, pada tahun ini S1 Manajemen dan S1 Akuntansi, sebagai melalui Hibah Pengembangan Kurikulum dari Dikti merancang kurikulum berbasis Kualifikasi Kerangka Nasional Indonesia yang memungkinkan lulusan Sarjana STIE Perbanas  memiliki daya saing di era masyarakat Ekonomi Asean. Pengembangan kurikulum ini juga akan diikuti dengan program studi yang lain.
 
Guna menunjang proses belajar mengajar, kompetensi Dosen ditingkatkan melalui Studi Lanjut S3, penyertaan dalam sertifikasi sesuai dengan  bidang Konsentrasi/peminatan yang ada, pelatihan, workshop dan seminar. Di bidang sertifikasi manajemen risiko, STIE Perbanas yang  direkomendasi oleh Badan Sertifikasi Manajemen Risiko sejak tahun 2005 aktif menyelenggarakan pelatihan persiapan manajemen risiko untuk level 1,2, dan 3 dan 4Ada 2 (dua) jenis sistem pelatihan yaitu Reguler dan In House Training. Untuk klien terdapat +/- 60 Bank dan 5 industri lain (Perbarindo, PTPN XI, STIKUBANK, Pelindo dan Pusdiklat Migas) yang telah yang memanfaatkan jasa CABM. Sampai dengan Mei 2014 Untuk pelatihan manajemen risiko sudah mencapai angkatan ke 63 untuk level 1 dan angkatan ke 32 untuk level 2 serta level 3 telah menyelenggarakan sebanyak 23 kali. Pelatihan Public class baru saja berlangsung pada tanggal  20 – 21 Mei 2014 untuk Level 1,2 dan 3.Sedangkan untuk in house Training yang terakhir kita lakukan kerjasama dengan Bank Kalbar di Pontianak pada pertengahan April 2014.
 
Selain menyelenggarakan program persiapan ujian sertifikasi manajemen risiko, CABM juga mendapatkan rekomendasi dari BSMR untuk menyelenggarakan Refreshmen Program bagi pejabat bank. Terimakasih kepada Pimpinan Bank Commenwealth, Bank Resona dan ICBC Bank serta ANZ Bank dan Citibank, yang telah mempercayai CABM STIE Perbanas dalam pelatihan Refreshment Program.
 
Selain Manajemen Risiko CABMSTIE Perbanas  juga menyelenggarakan berbagai pelatihan yang lain diantaranya: service excellence, coaching development, ALMA, AO (Account Officer). Dengan Bank Sulteng telah dilakukan kerja sama untuk Pelatihan Calon Pemimpin Cabang pada bulan Pebruari 2014. Bulan Maret 2014 CABM juga dimintai Bank Sulawesi Tengah untuk memberikan pelatihan tentang Analis Kredit. Serta pada Bulan April 2014 pelatihan Graponomi untuk mendeteksi uang dan dokumen palsu yang diikuti oleh 51 calon officer di bank Kalbar – Pontianak.
 
Sejak 2006 STIE Perbanas menerapkan sistem manajemen mutu, dan kini  menerapkan  ISO 9001: 2008 dan IWA 2. Dikti pada tahun 2008 menganugerahkan penghargaan sebagai PT yang memiliki best practice dalam manajemen mutu pendidikan untuk kategori Sekolah Tinggi di tingkat Nasional. Unit Penjaminan mutu selain berfungsi memastikan mutu semua proses dalam penyelenggaraan pendidikan juga dipercaya menjadi fasilitator PT lain di Kopertis Wilayah VII. Beberapa Perguruan Tinggi yang meminta UPM STIE Perbanas memberikan Technical Assistance tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal seperti Univ. Muhammadiyah Ponorogo, IKIP Mataram, Univ. Balikpapan dan Univ. Wiraraja Sumenep. Selain itu, banyak Perguruan Tinggi yang melakukan studi banding (benchmark) ke UPM STIE Perbanas antara lain: STMIK Banjarbaru Kalimantan Selatan, Universitas Darul Ulum Lamongan, Universitas Tulungagung, Univ. Muhammadiyah Sidoarjo, STIE PGRI Dewantara Jombang, STIE Cendekia Bojonegoro, SMU Muhammadiyah2 Surabaya, STIKOM Surabaya, STTS Surabaya, STIE Pancasetia Banjarmasin, IKIP Budi Utomo Malang, STIE Makassar, STIE Mandala Jember, ITATS Surabaya.
 
Dalam pencipataan susana akademik, dikembangkan research group, research grants untuk dosen, cangkruan penelitian  di kalangan dosen,  dan penghargaan  berupa student grant bagi mahasiswa yang tugas akhirnya bermutu tinggi. Alhamdulillah, untuk tahun ini dosen-dosen STIE Perbanas Surabaya memperoleh pendanaan di Bidang Penelitian dari Dirjen Dikti sejumlah 5 (lima) penelitian fundamental, 3 (tiga) penelitian hibah bersaing, 1 (satu) hibah Pascasarjana,2 (dua) dan hibah strategi Nasional (Stranas), 2 (dua) HibahDosenPemula1 (satu) Hibah Disertasi Doktordan di Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, dari Dirjen Dikti sejumlah 3 (tiga)  Program  Mono Tahun dengan  total  keseluruhan Rp. 812.500.000 (Delapan Ratus Dua Belas Juta Lima Ratus Ribu Rupiah). Pada tahun akademik 2013-2014 (Sept 2013 – Februari 2014) hasil penelitian yang dipublikasikan yang dimuat  di jurnal nasional terakreditasi (1 artikel), jurnal internasional (4 artikel), proceeding nasional (24 artikel) dan proceeding internasional ( 21 artikel). Jumlah karya dalam bentuk buku yang ber ISBN pada tahun akademik 2013-2014 ini sebanyak  satu buku.
 
Sejak tahun 2012 STIE Perbanas memiliki pusat kajian di bidang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pengkajian dan Pencegahan Kejahatan Kerah Putih di kalangan profesional. CSR center bersama-sama dengan PT di Indonesia dan Malaysia telah membentuk Malindo CSR Forum and Youth Network serta online CSR Journal dengan nama AsianCSR.com. Sedangkan center of research & prevention of White Collar Crime telah mengembangkan program edukasi anti-fraud, mengikuti sertifikasi International Certifiled for Fraud Examiner.  Pusat  Kajian lain yang akan dikembangkan secara bertahap adalah Pusat Kajian Bisnis dan Manajemen; Pusat Kajian Akuntansi dan Kepentingan Publik;     Pusat Kajian Perbankan; Pusat Kajian Perpajakan; Pusat Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah; Pusat Kajian Sistim Informasi. Keberadaan pusat kajian ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi dosen dan institusi untuk berperan strategis dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
 
Di bidang pengabdian masyarakat, STIE Perbanas mendapathibah: 3 (tiga) judul program Iptek bagi masyarakat (IbM). Pada 2014 ini Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat juga berhasil melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik dibidang penelitian maupun pengabdian. Dengan Bank Indonesia Surabaya bekerjasama untuk dua kegiatan yaitu  melakukan Survey Pemantauan Harga (SPH) sudah memasuki tahun keenam dan Survey Ekspektasi Konsumen (SK) memasuki tahun keduadan dalam setiap kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat PPPM senantiasa melibatkan juga mahasiswa.
 
Dalam mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak luar PPPM telah melakukan MOU dengan Kelompok Tani Mangrove dan Kedung Peluk Candi Sidoarjo dan Kelompok Batik Semanggi Sememi Benowo sebagai bagian dari Pengabdian Masyarakat Institusional. 
 
Dalam bidang publikasi penelitian PPPM telah menerbitkan 3 jurnal yang didukung oleh para review artikel sebagai mitra bestari berskala nasional dan Internasional diantaranya dari Prancis, Thailand, India, Guam, Malaysia, Kamboja, Vietnam. Jurnal yang diterbitkan baik secara online maupun harcopy oleh PPPM STIE Perbanas Surabaya adalah:
  1. Jounal of Economics Business and Accountancy Ventura, terakreditasi dengan SK No. 80/DIKTI/Kep/2012. Tanggal 13 Desember 2012.
  2. The Indonesian Accounting Review
  3. Journal of Business and Banking
Dalam hal publikasi hasil penelitian, baik melalui jurnal dan seminar maupun simposium telah banyak dosen STIE Perbanas yang mengikuti forum-forum tersebut sebagai pembicara baik ditingkat nasional maupun internasional. Beberapa forum internasional yang diikuti oleh dosen STIE Perbanas tahun 2014 adalah :
  1. China Marketing International Conference di Xuzhou, China
  2. Yogyakarta Economic and Business International Conference Proceeding di Yogyakarta
  3. The 2nd International Conference on Higher Education Research(ICHER 2014) IAMURE 2014 di Malaysia
  4. The 3rd International Conference on Business and Banking (ICBB) 2014kerjasama STIE Perbanas Surabaya dan Sripatum University di Pattaya, Thailand.
Buku juga telah diterbitkan oleh dosen STIE Perbanastahun 2013-2014, antara lain :
  1. Akuntansi Perbankan Syariah oleh Kautsar Riza Salman
  2. Cara Menulis Abstrak (Strategi untuk mengorganisir pikiran anda dalam menulis abstrak Karya Ilmiah Internasional Teori dan Praktek) oleh Djuwari
  3. Akuntansi Biaya : Pendekatan Product Costing oleh Kautsar Riza Salman
PPPM STIE Perbanas  juga memiliki agenda tetap 2 tahunan yaitu International Conference on Business and Banking (ICBB) dan ICBB 3 tahun 2014 diselenggarakan di Pattaya, Thailand bekerjasama dengan Sripatum University Chonburi dengan peserta dari 6 negara.
 
Laboratorium Bank STIE Perbanas Surabaya termasuk salah satu Laboratorium yang menjadi rujukan bagi pengembangan pendidikan perbankan baik ditingkat SMA maupun SMK juga Perguruan Tinggi.  Baik dengan tujuan untuk mengadopsi sistem Laboratorium STIE Perbanas Surabayamaupun mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan Laboratorium perbankan seperti : 1). Sistem Operasional Perbankan Konvensional 2). Sistem Perbankan Syariah 3). Trasnsaksi Front Office 4). Operasioanal Administrasi Kredi. Selain dikuti oleh para mahasiswa pelatihan juga dibuka bagi umum khususnya karyawan bank, Perguruan Tinggi, guru, dosen serta masayarakat umumlainnya.Universidade Timor Leste salah satu perguruan tinggi yang telah melakukan pelatihan/ TOT tentang “General Banking”, sedangkan SMAN 22 Surabaya, SMK Trisila Surabaya, SMK Assyadah Gresik, Madrasah Aliyah Negeri Lamongan, SMKN 2 Kediri juga telah melakukan pelatihan perbankan sehari di Laboratorium Bank STIE Perbanas Surabaya.
 
Dalam upaya peningkatan kualitas lulusan, mahasiswa diwajibkan mengikuti pelatihan Job Preparation Course, mempunyai sertifikasi Microsoft dan TOEFL dengan skor minimal yang ditentukan. Perbanas Career Centre (PCC) juga mengadakan kegiatan Campus Hiring guna mendampingi para wisudawan dalam memperoleh pekerjaan, mulai dari satu semester sebelum lulus sampai dengan 6 (enam) bulan setelah lulus.
 
Untuk kegiatan Campus Hiring selama periode tahun 2013/2014 ini sebanyak 81 perusahaan telah bergabung, Beberapa perusahaan yang bergabung dalam kegiatan Campus Hiring diantaranya adalah PT. Varia Usaha, PT. Cheil Samsung Indonesia, PT. HM Sampoerna, PT. langgeng Makmur Industri, PT. Salam Pasific Indonesia line, PT. Rajawali Nusindo, PT. Infomedia Nusantara dan tentunya Bank-Bank Anggota Perbanas Jatim.
 
Kerjasama dengan Perbanas HRD Club yang beranggotakan para Manajer SDM di Bank-Bank Anggota Perbanas Jawa Timur yang telah terjalin dengan baik terus ditingkatkan guna meningkatkan keterserapan lulusan di Bank-bank anggota Perbanas Jawa Timur dengan mengadakan kegiatan bursa kerja khusus bidang perbankan yang bertajuk Perbanas Banking Job Fair. Untuk tahun 2014 Perbanas Banking Job Fair yang pertama telah diadakan pada bulan januari 2014 dan diikuti oleh 33 Bank anggota Perbanas Jawa Timur, beberapa diantaranya yaitu Bank Central Asia, Bank CIMB Niaga, Bank Maspion Indonesia, Bank Danamon, Bank BTPN, Bank Yudha Bhakti, Bank Mandiri, Bank Himpunan Saudara, Bank Mega, Bank Kesejahteraan Ekonomi, Bank Pembangunan Sulawesi Utara, Bank Panin, Bank Mandiri Syariah, Rabo Bank  dan Bank International Indonesia
 
Pemantauan atas lulusan selama satu periode wisuda sebelumnya di tahun ajaran 2013/2014 yang dilakukan oleh PCC sampai dengan 6 (enam) bulan setelah lulus, diperoleh informasi bahwa sebanyak 117 wisudawan telah diterima bekerja di berbagai perusahaan dan perbankan terkemuka di Jawa Timur. Sedangkan untuk Program Pasca sarjana seluruhnya sudah bekerja. Dari pantauan yang dilakukan terhadap lulusan yang hari ini diwisuda, diperoleh informasi sampai dengan hari ini lebih dari 90 orang yang telah resmi diterima bekerja di perbankan dan berbagai instansi lainnya, sementara para wisudawan yang lain masih dalam proses seleksi tahap akhir dan selanjutnya akan segera menyusul untuk dapat memulai pekerjaan pertamanya. Ada sebagian dari wisudawan yang memutuskan untuk melanjutkan studi ke jenjang Pasca Sarjana dan berwirausaha.
 
Berbagai upaya untuk dapat membantu lulusan agar dapat diterima di dunia kerja terus akan dilakukan oleh Perbanas Career Centre,salah satunya adalah dengan kembali bekerjasama dengan Perbanas HRD Club untuk mengadakan Perbanas Banking Job Fair II tahun 2014 yang akan digelar nanti pada 22 – 24 Agustus 2014. Diharapkan dengan segala upaya yang dilakukan oleh PCC ini seluruh lulusan akan dapat segera terserap di dunia kerja. Semua upaya yang dilakukan pada hakekatnya adalah untuk meningkatkan daya saing lulusan melalui pengembangan knowledge (brain), skill (hard dan soft skill), serta positive attitude yang merupakan pilar kompetensi baik sebagai profesional maupun pelaku bisnis (wiraswastawan).
 
Akumulasi dari semua prestasi yang diraih oleh sivitas, alhamdulillah STIE Perbanas berhasil meraih prestasi Anugerah Kampus Unggul (AKU) pada tahun 2013 atas prestasi tahun 2012,dari 5 kampus unggulan berdasarkan penilaian prestasi STIE Perbanas yang terunggul sehingga berhak mendapat AKU untuk kategori Sekolah tinggi. Untuk itu selamat dan terima kasih kepada dosen, karyawan, dan mahasiswa yang telah bahu membahu bekerjasama untuk memberikan karya terbaik.
 
PRESTASI STIE PERBANAS 2013-2014
 
Prestasi Bidang Tata Kelola :
  1. Memperoleh Certificate ISO -  9001:2008  dan Award Certificate of Registration Education Quality Management System Based-on IWA-2:2007 dari British Standards Institutions (BSI)
  2. Memperoleh Anugerah Kampus Unggul (AKU) dari Koordinator Kopertis Wilayah VII sebagai  Perguruan Tinggi terbaik Kelompok Non-Universitas  di bidang Kelembagaan, Tatakelola, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Kemahasiswaan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada tahun 2011 dan 2013.
  3. Memperoleh anugerah Best Communication and Management School 2013 kategori Indonesia Best University 2013 dari Mix Maxcomm Magazine.
  4. Memperoleh Anugerah Indonesia Green Award (2014) La Tofi School of CSR
  5. Sebagai Perguruan Tinggi Koordinator Program Mahasiswa Wirausahaan (PMW) tahun 2009-2013 di Wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan,Madura, Jombang, Madiun, Ngawi, Ponorogo.
  6. Sebagai Training Provider Sertifikasi Manajemen Risiko Tingkat I, Tingkat II Batch I dan Tingkat III  dari Badan Sertifikasi Manajemen Risiko (BSMR).
  7. Ditetapkan oleh Dinas Koperasi sebagai Pelaksana Bimbingan Teknis Sertifikasi Manajemen Koperasi Jasa Keuangan di Jawa Timur.
  8. Mendapatkan Penghargaan  dari Badan Narkotika Kota Surabaya Sebagai Lembaga yang berperan aktif  menyelamatkan  warga  kota  Surabaya  dari penyalahgunaan & peredaran Narkoba (Sertifikat No 57/VI/2010/BNK dan Kep/6/XI/2012/BNNP Jatim)
  9. Memperoleh Hibah Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PHP-PTS) dari DIKTI sejak 2012 - 2013.
  10. Mendapatkan Hibah Penguatan Kelembagaan Kantor Urusan Internasional (PKKUI) dari DIKTI tahun 2013
  11. Pemenang pelaksana riset Bank Indonesia untuk Survei Ekspektasi Konsumen .
  12.  Pemenang pelaksana riset Bank Indonesia untuk Survei Pemantauan Harga .
  13. Memperoleh Penghargaan di bidang Koperasi Kayawan sebagai Koperasi Berkualitas
  14. Sebagai host forum diseminasi riset dua tahunan International Conference on Business and Banking yang telah melibatkan PT di Asia tenggara sebagai Co-Hosts yaitu Universitas Sains Malaysia dan Sri patum University Chonbury Thailand.
  15. Memperoleh penghargaan Asian Research Conference Champion (silver award-fourth place) dan Research Parnership (Diamond Award - First Place) dari Commision on Higher Education Research Cagayan de Oro City Philippines
  16. Memperoleh Penghargaan sebagai Asia's Model Institution for Business Research and Publication dari International Association of Multidiciplinary Research Philippine Association of Institutions for Research (IAMURE)
  17. Memperoleh penghargaan sebagai " Perguruan Tinggi Pelopor Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi 2013" dari Pemprov Jatim
Prestasi Dosen & Karyawan
  1. Hibah Penelitian Multitahun dan Desentralisasi Penelitian Fundamental ( 3 judul) dan Penelitian Hibah Bersaing ( 2 judul), hibah Strategi Nasional (Stranas) ( 2 judul).
  2. Bantuan Seminar Luar Negeri ke Amsterdam Belanda
  3. Hibah Mono dan Multi Tahun bidang pengabdian masyarakat dari Dikti ( 2 Iptek bagi Inovasi dan Kreatifitas Kampus, 1 Iptek bagi Kewirausahaan dan 4 Iptek bagi Masyarakat)
  4. Sebagai Associate Editor JPAIR Multiciplinary Journal a.n Dr.Djuwari oleh PAIR and IAMURE, Philippines
  5. Juri Word Reseach Leader
  6. Penghargaan sebagai "International Lifetime Achievement Awards for Research Management and Productivity 2013" dalam IAMURE Multidisiplinary Research atsa nama Tatik Suryani
  7. Peringkat I pemilihan Pengelola keuangan berprestasi kopertis will VII th 2013 atas nama Endah Nuning rahayu, SE., MM
  8. Peringkat I pemilihan Tenaga Adm Akademik berprestasi kopertis will VII th 2013 atas nama Sunartiningsih, SE
  9. Peringkat II pemilihan Pustakawan berprestasi kopertis will VII th 2013 atas Dyana Purwandhini
  10. Peringkat II pemilihan laboran berprestasi kopertis will VII th 2013 atas Anton Ghozali
  11. Presenter Terbaik Penelitian Strategi Nasional (2014) a.n Luciana Spica Almilia
Prestasi Mahasiswa Tahun 2012-2013
  1. Dalam kompetisi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat Kopertis Wilayah VII, STIE Perbanas sejak 2011 berturut-turut selalu mendapatkan kejuaraan di ajang bergengsi ini yaitu tahun 2011 juara 1 a. n Riyanto Prasetyo tahun 2012 juara Harapan 1 a.n Adhitya Mahardika tahun 2013 Juara 2 a. n Adhitya Mahardika ; dan tahun 2014 a.n Lufi Yuwana Mursita.
  2. Hibah Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) memenangkan 57 proposal yang terdiri dari 52 PKM-Penelitian, 4 PKM-Kewirausahaan dan 1 PKm Pengabdian Masyarakat.
            Secara nasional prestasi pemenangan proposal PKM telah mencatat prestasi tinggi yaitu masuk dalam 15 besar secara nasional dan urutan 1 untuk kelompok perguruan tinggi swasta (2010-2011) urutan 2 untuk PT Swasta (2012)
  1. Memperoleh Hibah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) s.d 2013 di bidang pengembangan alternative kuliner (kebab jamur, keripik daun ginseng dan frozen snack) serta sepatu berasesoris.
  2. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) memenangkan Program Hibah Bina Desa (PHBD) oleh oleh DIKTI dengan Program Pengembangan Rumah Cerdas Mandiri (RCM) di Kelurahan Nginden Jangkungan, (2012).
  3. Mengembangkan Rumah Cerdas Mandiri (RCM) yang dikelola Badan Eksekutip Mahasiswa sebagai pusat belajar anak-anak miskin perkotaan di Kelurahan Nginden Jangkungan sebagai tindaklanjut program Hibah Bina Desa. Tahun 2014, RCM telah dimasukkan sebagai program unggulan bidang pendidikan yang membawa Kelurahan Nginden Jangkungan masuk 6 besar Kelurahan Berhasil di kota Surabaya.
  1. Memperoleh Beasiswa Business Plan dari Bank Mandiri untuk pengembangan kewirausahaan bagi 20 proposal bisnis masing-masing Rp 10 juta.
  2. Salah satu dari rangkaian kegiatan berbasis pengembangan softskill mahasiswa memperoleh penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) kepada Tim Pengembangan Softskills STIE Perbanas Surabaya berupa “Monopoli softskill “dengan jumlah terbanyak.
  3. Nominator Pemakalah Terbaik Seminar Nasional di UNEJ, an Faizatul Hikmah (mahasiswa S2)
  4. Juara Harapan I Lomba Akuntansi Universitas Jember a.n Ganang, Habibah, dan Bimo
  5. Juara III Lomba Debat Entrepreneurship di Universitas Brawijaya, a.n. Heru, Ihwan dan Riza.
  6. Juara I kategori fotografi model oleh PT. Display Indonesia a.n Ardhita Putriandana
  7. Wakil III dan Juara Favorit Yuk Mojokerto tahun 2013 pada Pemilihan Gus Yuk Mojokerto tahun 2013 atas nama Lisa Rosaliana Cusuma.
  8. Masuk Top Three of Favorite Participant dalam ajang Nutrifood Leadership Award untuk Pengembangan Sociopreneurship tahun 2013 a.n Aditya Mahardika.
  9. Mewakili Indonesia dalam inisiasi forum Malaysia-Indonesia (Malindo) CSR & Youth Networking di Penang Malaysia
  10. Best Individual Presenter dalam Malaysia-Indonesia (Malindo) Workshop on CSR & Youth Networking a.n Aditya Mahardhika (2013)
  11.   Presenter dalam International Conference on Business and Banking (ICBB) di Thailand bekerjasama dengan Sripatum University, a.n Faizatul Hikmah, Luvi Yuwana Mursita, Wahyu Putri Nurisma, Amerilia Safitri, Aditya Mahardika, Firhat Robani.
  12. Juara III Duta Anti Narkoba oleh Badan Narkotika Nasional tahun 2013 antar Perguruan Tinggi
  13. Best Speaker pada marketing Debate Competition Universitas Jember atas nama Cynthia Nur Fitria tahun 2013
  14. Juara Harapan pada marketing Debate Competition Universitas Jember atas nama  Cynthia Nur Fitria, Rizal Bagus Setiawan, Erick Djami Rohi tahun 2013
  15. Juara II dalam acara Speech Contest 2013 oleh Akademi Angkatan laut atas nama Aditya Mahardika
Para wisudawan, dan wisudawati, perkenankan kami sebagai orang tua Saudara, mengajak kalian untuk bersyukur atas kelulusan ini. Ungkapkan rasa syukur itu marilah kita  tunjukkan  dengan tanda bakti dan kecintaan yang semakin tinggi kepada orang tua yang telah berkorban untuk keberhasilan kalian. Aplous.
Marilah kita menjadi menjadi orang yang semakin rendah hati, ketika pendidikan kita menjadi lebih tinggi. Jadikan pendidikan ini sebagai bekal untuk banyak berbuat kebaikan/ beramal. Buah ilmu adalah amal. Saya percaya,dan meyakini bahwa kalian akan menjadi orang sukses. Menjadi orang yang bermakna dan memberikan untuk kehidupan. Untuk itu mari kita rencanakan kesuksesan itu. Tidak ada kesuksesan tanpa perencanaan.  Tidak ada sukses besar tanpa diawali sukses kecil. Tidak sukses tanpa usaha keras. Marilah kita bekerja extra miles and passion agar bisa memberikan yang terbaik dan memberikan manfaat. Saya juga mengharapkan para alumni selalu menjunjung integritas. Integrity is the first step to true greatness. Charles Simmons. There is no higher value in our society than integrity. Arlen Specter,
 
Saudara Wisudawan/wati yang saya banggakan, selamat mengayunkan langkah... berprestasi mengukir negeri.... dengan karya dan kebersihan hati untuk ibu pertiwi. ... Indonesia yang kita cintai.
 
Kami berdoa, keberhasilan akan senantiasa menyertai.  Amiin. Dan jangan lupa ingatlah selalu pada almamater, pemikiran dan sumbangan apapun akan sangat bernilai bagi kemajuan kampus kita—STIE Perbanas tercinta.
 
Terakhir atas nama pimpinan (periode akhir jabatan), kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak ( Senat, Yayasan dan BPH, Kopertis, IKAPNAS, Perbanas, orang tua, mahasiswa dll) yang telah membantu sehingga STIE Perbanas seperti sekarang. Kami juga minta maaf jika upaya yang sudah sebaik-baiknya kami lakukan dirasakan masih ada yang kurang. Itulah kekurangan dan keterbatasan kami.
 
Billahi taufiq wal hidayah Wassalamu ’alaikum Wr.Wb. 

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: humas@perbanas.ac.id
Anda disini: Beranda