STIE Perbanas Surabaya

Menu
Kamis, 10 November 2016 08:13

National Management Symposium Indonesia: Peran UMKM Bangun Perekonomian Indonesia

 

Mahasiswa tentu harus berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia melalui gagasan dan aspirasinya. Hal ini diperlukan mengingat kebijakan pemerintah butuh evaluasi agar program yang ditetapkan bisa dirasakan hingga masyarakat di daerah-daerah. Salah satunya, keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang membutuhkan pendampingan pemerintah dalam menjalankan usahanya. Kasus tersebut telah diskusikan dalam acara, National Management Symposium Indonesia, pada Rabu, (9/11). Bertempat di Auditorium STIE Perbanas Surabaya, acara ini diikuti oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Indonesia (HMMI). Mereka pun berasal dari berbagai daerah di Indonesia, di antaranya: Makassar, Palu, Bandung, Surabaya, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan lainnya.

Ketua STIE Perbanas Surabaya, Dr. Lutfi, SE., M.Fin, menuturkan kondisi pertumbuhan ekonomi belum begitu baik karena masih dikisaran 5%. Akan tetapi, kita memerlukan kesadaran untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi agar mencapai 6%. ”Pada kesempatan yang bagus ini, mari kita berkontribusi untuk memberikan berbagai masukan solusi kebijakan untuk pemerintah sehingga ke depan kualitas mahasiswa kita semakin bagus,” tuturnya dalam sambutan.

Selaras dengan tema yang diusung, yakni Semangat Perekonomian Generasi Muda Penyelamat Perekonomian Indonesia, pembicara yang dihadirkan pada acara ini adalah para pemuda yang sudah berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia. Pertama, seorang Komisaris Utama/Founder Hasanah Mulia GrupPT. Hasanah Mulia Investama, Abdul Rahman Hidayat. Kedua, Owner Al-Warits Batik Aromatheraphy dari PT. Sinar Utama Madura dan berhasil go internasional pada tahun 2016 dengan membuka outlet di Amerika Serikat, Warisatul Hasanah, SE. Alumni STIE Perbanas Surabaya ini memaparkan pengusaha muda perlu memiliki strategi dalam membangun usaha sehingga kesuksesan dalam berwirausaha akan terwujud.

Sementara itu, moderator memberikan sebuah kasus tentang peran UMKM dalam membangun perekonomian bangsa Indonesia. Dari ratusan mahasiswa yang hadir dalam symposium, berbagai aspirasi yang berisi solusi, saran, kritik dan tanggapan pun membanjiri pada sesi diskusi. Pendapat yang sampaikan oleh setiap perwakilan dari kampus yang berbeda menyadarkan mereka adanya perbedaan pendapat di masing-masing daerah yang mereka rasakan teutama dalam hal kontribusi pemerintah dalam mendukung perekonomian negara khususnya terhadap UMKM. Melihat antusiasme yang diadakan dalam Program Kerja Nasional dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen STIE Perbanas Surabaya menunjukkan bahwa adanya kesadaran dan perhatian dari generasi muda saat ini mengenai kontribusi mereka terhadap pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Himpunan Mahasiswa Manajemen Indonesia (HMMI), Damri mengucapkan terima kasih kepada STIE Perbanas. ”Kami mengucapkan terima kasih khususnya STIE Perbanas Surabaya karena telah berkenan menjadi tuan rumah dalam acara National Management Symposium Indonesia. Kami berharap, acara ini dapat meningkatkan semangat para generasi muda sebagai agent of change dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Indonesia,” harapnya. (Iffah/Eko)

0 National Management Symposium Indonesia STIE Perbanas 50 National Management Symposium Indonesia STIE Perbanas 20 National Management Symposium Indonesia STIE Perbanas0 National Management Symposium Indonesia STIE Perbanas 4

 

 

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: humas@perbanas.ac.id
Anda disini: Beranda