STIE Perbanas Surabaya

Menu
Senin, 13 Februari 2017 08:53

PASSION 2017: Ajang Kenalkan Budaya Indonesia Dengan Gerakan Paskibra

 
Budaya Indonesia ternyata bisa dilestarikan dalam berbagai media. Melalui Pasukan Baris-Berbaruis (PBB), budaya Indonesia dapat diperkenalkan dengan cantik dan mudah diterima oleh generasi muda, khususnya siswa SMP maupun SMA. Untuk itu Sie Paskibra STIE Perbanas Surabaya menggelar acara tahunan PASSION (Paskibra STIE Perbanas Competition) pada Minggu, 12 February 2017. Bertempat di Kampus 2, acara ini diikuti oleh siswa SMP dan SMA se-Jawa Timur.
 
Manager Sie Paskibra, Dita Aprilia menuturkan kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap Tahun. Pada tahun ketujuh ini, tema yang diangkat adalah budaya Indonesia. PASSION tahun 2017 ini diikuti sedikitnya 25 pleton siswa SMA dan 16 pleton siswa SMP. ”Alasan mengusung tema budaya karena kami ingin melestarikan budaya indonesia agar generasi muda makin cinta akan budaya indonesia. Nantinya, mereka akan memperebutkan 27 kejuaraan, termasuk piala bergilir dari Dispora Jawa Timur dan Gubernur Jawa Timur,” tutur Dita. Lanjutnya, kejuaraan yang dimaksud, antara lain: Juara umum SMA (piala bergilir Dispora Jatim), Juara Umum SMP (Piala Gubernur Jatim), Juara 1, Juara 2, Juara 3, Juara 1 madya, Juara 2 madya, Juara 3 madya, Juara 1 Bina, Juara 2 Bina, Juara 3 Bina, Best Kostum SMA, Best Variasi SMA, dan Best Danton SMA.
 
Setiap pleton pasukan paskibra ini terdiri atas 15 anggota dan 1 orang komandan pleton (danton). Mereka menampilkan 2 jenis gerakan, pertama gerakan resmi baris berbaris dan kedua gerakan variasi. Dalam menampilkan gerakan variasi, setiap pleton dituntut untuk memunculkan budaya yang dimiliki oleh negara Indonesia, mulai dari tarian, drama kolosal, aksi teatrikal, hingga busana daerah. Setiap pleton juga boleh diiringi musik-musik daerah hingga modern sehingga makin memeriahkan gerakan variasi, mulai dari lagu Cublak-Cublak Suweng, Manuk Dadali, Anoman Obong, Goyang Dumang, Numb (Linkin Park), dan lain sebagainya.
 
Salah satu pleton dari SMPN 12 Surabaya dengan mengenakan pakaian adat jawa berupa jarit coklat bermotif Batik. Mereka menampilkan sepenggal drama kolosal yang menceritakan tentang Roro Jonggrang. Sorak riuh penonton pun menyambut ketangkasan dan kedisiplinan mereka dalam berkreasi baris berbaris. Sementara itu, Pleton dari SMAN 8 Surabaya yang mengenakan pakaian khas Madura menampilkan kombinasi gerakan beladiri silat dan baris berbaris dihadapan segenap pengunjung.
 
”Kami berharap lomba PASSION ini bisa memupuk jiwa kompetitif para pelajar SMP maupun SMA sehingga ke depan mereka memiliki sikap disiplin dan bertanggung jawab,” harap Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan & Kerjasama, Dr. Sasongko Budisusetyo, M.Si., saat memberikan sambutan dan membuka acara PASSION 2017.

 

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: humas@perbanas.ac.id
Anda disini: Beranda