STIE Perbanas Surabaya

Menu
Sabtu, 11 Maret 2017 17:33

Proyeksikan Lulusan Akuntansi Kelola Program Dana Desa

 
Pada hari Sabtu, 11 Maret 2017, Program Studi Sarjana Akuntansi STIE Perbanas Surabaya menutup rangkaian kegiatan 2nd Perbanas Accounting Festival 2016-2017 dengan acara Seminar Nasional. Mengangkat tema ”Accountant Profession: Response To Dynamic Globalization Changes”, seminar ini diikuti 301 peserta, mulai dari para mahasiswa S1, S2, S3; dosen-dosen Akuntansi, praktisi perbankan, professional akuntansi, baik dari pulau jawa maupun luar jawa.
 
Ketua Pelaksana 2nd Perbanas Accounting Festival, Dr. Rovila El Maghviroh, M.Si., mengatakan rangkaian acara yang dilaksanakan dua tahun sekali ini dalam rangka memasyarakatkan peran Ilmu Akuntansi di ranah publik. ”Opening kegiatan ini kami melakukan pengabdian masyarakat berupa pelatihan Lab SAP, Pelatihan SAK ETAP, Laboratorium Akuntansi Perbankan untuk para guru ekonomi dan dilanjutkan Pelatihan Penjaminan Mutu kepada kepala sekolah SMA/SMK, MA sederajat di wilayah Jawa Timur. Kemudian, untuk mahasiswa STIE Perbanas Surabaya kami menggelar Research Day dan Fun Games. Puncak acara diselenggarakan kegiatan Seminar Nasional ini," paparnya.
 
Lanjutnya, materi seminar yang diberikan bahwa profesi lulusan Akuntansi sangat berperan di ranah publik. Saat ini, program pemerintah tentang dana desa sudah bergulir sehingga dibutuhkan pengelolaan keuangan yang cermat dan tepat. ”Jadinya, lulusan akuntansi bisa mengimplementasikan ilmunya untuk program pemerintah tersebut. Nantinya, kesulitan dalam pembuatan analisis laporan keuangan desa akan terbantu dengan adanya ilmu akuntansi yang diterapkan,” tambahnya.
 
Pembicara yang dihadirkan pun berasal dari orang profesional di pemerintahan dan ahli ilmu akuntansi. Bupati Siak, Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si., memaparkan materi yang berkaitan erat dengan strategic good governance and strategic audit for government. Beliau diminta sebagai pembicara pada seminar ini karena Pemerintah Kabupaten Siak berhasil meraih Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia untuk kepala daerah yang berhasil membina desa.
 
Pada kesempatan itu, pihaknya tertarik untuk melakukan kerja sama dengan STIE Perbanas Surabaya terkait program Beasiswa Putra Daerah yang disampaikan oleh Dr. Lutfi, SE., M.Fin. Pasalnya, Pemkab Siak saat ini tengah mempersiapkan Sumber Daya Manusia perangkat desa untuk mengelola keuangan program dana desa. ”Kami akan bicarakan terlebih dahulu di daerah terkait kerja sama ini. Kemungkinan nanti bisa saja kami mengirimkan calon mahasiswa untuk belajar di STIE Perbanas Surabaya,” ungkap Drs. H. Syamsuar, M.Si., usai acara.
 
Sementara itu, Dewan Pegurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Dr. Dwi Martani, CPA., CA., secara simbolik memberikan penghargaan bagi mahasiswa STIE Perbanas Surabaya yang berhasil meraih Beasiswa Chartered Accountant (CA) dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) bekerja sama dengan The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW). Adapun 8 mahasiswa Sarjana Akuntansi penerima beasiswa CA, antara lain: Dyas Eras Mita, Sandhi Wiratmoko, Anis Rahayu, Rahayu Putri Agustina,  Fitria Dhona Anggraini, Geona Skenda Amethisa, Laili Nur Indah Sari, dan Muji Armadhani. Dalam seminar ini, Dr. Dwi Martani, CPA, CA menyampaikan materi tentang Financial Statement dan Digital Reports in Indonesia.
 
Di akhir acara, para mahasiswa pemenang kompetisi rangkaian 2nd Perbanas Accounting Festival, di antaranya: Juara 1 Research Day, Dyah Eras Mita; Juara 2 Research Day Taufan Hanafi; dan Juara 3 Research Day, Muhammad Zahid Muzammil Hadi. Juara Kompetisi Rangking 1, antara lain: Muhammad Sahrul (Juara I), Adi Wanda Ulil A. (Juara II), dan Muara Rizqullah Noble (Juara III). Untuk lomba Accounting Got Talent, Alfiena Widya Mawar (Juara 1); Dwiyoga Waringin, Moh Haldy Pratama, Andika Pratama (Juara 2); Bayu Hartanto Syafi’i (Juara 3); dan Cinanti Wardha Bintang (Juara Harapan 1). Terakhir, Pemenang Prince and Princess, Juara 1 diraih Iqbal Bagus Prakoso dan Vivian Dewi Putri; Juara 2 diraih Sandhi Wiratmoko dan Martha Crisye Monalisa; dan Juara 3 diraih Ilham Tabah Widodo dan Herlina Ika Yunita. Sementara, Pemenang Favorit Kompetisi Prince and Princess adalah Sandhi Wiratmoko dan Martha Crisye Monalisa.

 

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: humas@perbanas.ac.id
Anda disini: Beranda